Recent Posts

Monday, February 8, 2010

maaf wahai kulkas yang tidak berdosa

suatu kejadian naas telah terjadi dan karena gw orangnya jujur, baik hati, selalu senang dan riang *lho* jadi gw ngaku kalo subjek nya adalah gw sendiri. kali ini objek penderitanya bukan orang atau makhluk hidup (untungnya, kalo ga kasian) tapi...

jreng.. jreng.. jreng..

KULKAS.

YEAH... kulkas.

jadi begini cerita selengkapnya, kemarin sore sekitar jam 5an lewat, gw dan housemate gw, kita berdua sebelumnya emang udah punya komitmen *ceileh pake komitmen2 segala* kalo di hari minggu mau bersihin es-es batu yang udah ngegumpel di kulkas. ada yang mojok sendirian segede perutnya pemain sumo, ada yang nempel di langit-langit freezer dan ada juga yang nempel di dasar freezer. sayang, coba aja semut tahan dingin, mungkin mereka-mereka bisa main ski di freezer kulkas gw.

sekarang gw bisa ngebayangin kenapa kapal titanic bisa tenggelem abis nabrak gunung es. keras banget bok. jangankan ditabrak, dipegang sedetik aja dinginnya membekas di hati. kali ini gw ga bisa bayangin gimana dinginnya kutub-kutub. out of my mind.

oke back to the naas story, gw sempet mikir gimana ya caranya copotin es-es itu dengan cara yang paling efektif. housemate gw bilang, katanya mending pake hair dryer aja soalnya ntar lama-lama esnya jadi mencair kalo kena panas. ya, bener juga. so, kita ambil hair dryer masing-masing, colokin ke listrik dan nge-hair-dryer-in para es-es. satu orang di freezer trus satu oran di fridge biasa. cara itu efektif lho soalnya dalam itungan detik ga sampe menit, esnya mulai mencair dan air udah dimana-mana.

nah disinilah ke-keren-an kita beraksi.

di kulkas bawah, ada gumpelan es segede perut sumo persis di pojokan sebelah kiri. resenya, di dalem es raksasa itu ada kabel listrik yang ikutan beku. kita shock. wah, gimana nih ada kabel. mana bisa kita main kasar sama itu perut sumo. abis kira-kira satu jam an lebih, es yang ada di freezer udah bisa diangkat semua. kita pun jerit-jerit saking terlalu senengnya. untung ga guling-guling di meja makan kalo ga kan kasian, bisa roboh seketika.

masalah pun mulai berdatangan. si es perut sumo tuh ternyata susah banget dicairin saking terlalu gede. kalo itu dicincang-cincag dijadiin es batu mungkin bisa jadi 1 truk kali. lalu entah karena kita terlalu pintar atau justru malah terlalu bodoh, kita memutuskan untuk menggunakan pisau sebagai senjata kita melawan es raksasa itu. mau tau apa yang kita lakukan? yeahhh ini dia.

kita sodok-sodok itu es pake piso dapur. luar biasa kan? pertamanya housemate gw pake piso kecil, karna ga sabaran dan takut patah, gw kasih ide buat pake piso yang lebih gede. ga segede golok sih, cuma itu masih tergolong gede dan pastinya sakit kalo keiris. setelah sekian lama, akhirnya es perut sumo itu berhasil kita kalahkan. kali ini teriakan kita lebih kenceng daripada yang sebelomnya. untung hari minggu, tetangga-tetangga pada asik pacaran *sotoy* jadinya ga tau.

setelah gw pikir-pikir, kasian banget ya nasib es batu itu di tangan kita berdua. udah di sodok-sodok pake piso, di hair-dryer-in, di angkat paksa, digoyang ke kanan kiri, diguncang-guncang, ditusuk-tusuk pula. akibatnya, sekarang lampu kulkas bawahnya ga nyala alias rest in violent. ac nya masih tetep nyala sih tapi ga sedingin yang dulu. tadinya sih panik, lho kenapa ga nyala lampunya pas dibuka. tapi lama-kelamaan kalo dinget-inget kejahatan apa aja yang udah kita lakukan jadi pengen ketawa ngakak. dari yang awalnya kita ngomong aduh aduh mulu berakhir jadi "gw cape ketawa nih. stop". gw pun berenti ketawa dan raut muka kembali serius.

dengan perasaan bersalah, panik dan pengen dipijet abis jongkok berjam-jam *ga nyambung* akhirnya kita memutuskan buat telpon ibu kos dan kasih tau kondisi kulkas kita saat itu. dia bilang katanya sayur sama buah yang ga tahan lama harus dimasak kalo ga basi. yah mana siangnya baru beli sayur sama buah tadi di supermarket. banyak pula. akhirnya, kita masak semua sayur-sayur dan blender buah di tengah malam hari. jam 10an kita selese masukkin barang-barang ke kulkas and freezer dan kira-kira setengah jam kemudian kita udah siap-siap buat masak 1 bunch caisim sama 1 bunch kailan. ditambah harus buat nasi goreng karna kita udah stock banyak nasi. takutnya kalo itu kulkas beneran rusak, bisa busuk semua makanan-makanan kita jadi apa yang kira bisa dimasak, kita masak.

sekitar jam 12an, akhirnya selese juga acara masak-memasak dan blender-memblender. capenya ga ketolongan bok. coba aja ada doraemon, pasti gw minta dipijetin. ibu kos gw bilang kalo lain kali mau bersihin bebenah kulkas, cara cairin es nya bukan di tusuk-tusuk pake piso soalnya bisa aja kabelnya ada yang konslet ato kepotong. simple aja, tinggal matiin kulkas, keluarin semua isi-isi trus tunggu aja sampe esnya semua mencair. ga perlu cape-cape malahan.

pengalaman baru. jangan sampe kita melakukan kejahatan lagi pada kulkas di lain kesempatan pas mau bersihin es-es yang udah membeku. ya, semoga aja. cepet nyala ya lampu kulkas. tidak ada kamu, dunia serasa gelap. ahahahhay



THE END. cape ngetik. bye

1 comments:

oneeye said...

the lesson here, it's better ask when you don't know how to clean something. kalo kulkas baru rasanya ada setting-nya yg bisa dari dingin sampe yg paling dingin. kalo kulkas model lama ga ada setting, jadi kalo ga taruh banyak makanan, bisa freezing dan kalo dalam beberapa hari ga dikeluarin, bisa diselubungi es batu deh.